PENGEMBANGAN JARINGAN SIMPEGDA




Bimbingan Teknis Simpegda
Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Bone Bolango terus berupaya komitmen mewujudkan penatalaksanaan administrasi kepegawaian melalui Sistem Informasi Pengelolaan Kepegawaian Daerah (Simpegda).
Penyediaan sistem ini sangat membantu para pengelola kepegawaian SKPD dalam penyediaan data kepegawaiannya, sifatnya on line artinya para Kasubag Umum dan Kepegawaian atau yang membidangi kepegawaian di setiap SKPD bisa langsung mengirimkan data kepegawaian melalui koneksitas jaringan simpegda.
Cara kerja dari simpegda adalah komputer yang ada di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Bone Bolango (merupakan server/bank data) tersambung dengan Komputer yang ada di setiap SKPD melalui jaringan internet. Koneksitas jaringan simpegda tentu memberikan kemudahan dari segi jarak, waktu dan biaya.
Simulasi Penginputan Simpegda
Untuk memenuhi data kepegawaian, perlu dukungan dari semua pihak terutama Pimpinan SKPD dan pengelola kepegawaian di setiap SKPD dan ASN sebagai obyek penyedia data kepegawaian. apabila semua pihak memiliki komitmen yang kuat, tentu simpegda dapat berjalan sesuai harapan.
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Ir. Ha. Nilda Tulen mengatakan bahwa untuk menjamin pelaksanaan kegiatan Simpegda di setiap SKPD beberapa waktu lalu telah dilaksanakan sosialisasi (peserta : Pimpinan, Sekretaris dan Kasubag Umum dan Kepegawaian SKPD) dan Bimbingan Teknis (peserta : Operator Komputer SKPD) dengan tujuan memberikan pemahaman arti dan fungsi pengelolaan kepegawaian secara on line. Menariknya dalam pelaksanaan sosialisasi dan bimbingan teknis para peserta tidak dikumpulkan secara bersamaan namun dibagi kedalam beberapa kelompok, artinya kehadiran SKPD digilir setiap harinya selama satu minggu waktu pelaksanaan. Pembagian ini menurut Nilda agar peserta lebih fokus dan serius menerima materi yang diberikan, apabila dikumpulkan sekaligus dalam satu ruangan dikhawatirkan ada peserta yang  tidak paham.
Sosialisasi Simpegda
 Kedepan Nilda berupaya agar jaringan simpegda ini terus dikembangkan, karena persoalan data kepegawaian sangat-sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah. Updating data kepegawaian harus terus dilakukan untuk menjamin ketersediaan data kepegawaian suatu instansi, karena setiap saat pasti ada perubahan data kepegawaian baik pensiun, kenaikan pangkat, berkala, memperoleh pendidikan (gelar), pemberian sanksi dan ketersediaan administrasi kepegawaian lainnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung

IP

Labels

Bagaimana Reaksi Anda.?

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *